Final COPA DEL REY 2012

Posted: 21 Mei 2012 in Barcelona
Tag:, , , ,

Tahun 2012 Copa del Rey final akan menjadi final ke-108 sejak didirikan. Pertandingan akan dimainkan antara Athletic Bilbao dan Barcelona pada 25 Mei 2012 di Vicente Calderon di Madrid . Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua klub dalam pertandingan akhir dari kompetisi itu sejak 2009 akhir dimana Barcelona meraih trofi itu dengan kemenangan 4-1. Tim yang sama, yang merupakan dua dengan gelas paling menang dalam sejarah kompetisi, juga bertemu di 2010-11 , edisi di mana Barca juga menang, kali ini gol tandang setelah dua kali seri.

Athletic Bilbao dikalahkan di Liga Eropa Akhir oleh Atlético Madrid 0-3, sehingga mereka akan sama ingin memenangkan final sebagai FCB. Harus menjadi pertandingan yang menarik dan kesempatan terakhir Barça untuk sebuah piala di musim 2011/12 yang telah tersingkir dari Liga dan finishing kedua dalam kejuaraan liga. Ini akan menjadi final kedua belas untuk Pep Guardialo sejak ia mengambil alih sebagai pelatih Barca dan sekarang yang terakhir.

Nama lengkap dari Copa del Rey turnamen adalah “El Campeonato de España-Copa de Su Majestad el Rey de Fútbol” tapi secara umum disebut Piala Raja “Copa del Rey” atau “Copa de SM el Rey.” Ini adalah Piala Raja ketujuh final antara Athletic Club dan FC Barcelona bermain waktu ketujuh mereka di final Piala Raja. FC Barcelona adalah tim Spanyol yang telah memenangkan Copa del Rey saat yang paling menakjubkan dengan 25 gelar Copa del Rey. Basque tim Athletic Bilbao telah memenangkan gelar yang sama mengesankan 23 kali. Untuk Athletic ini akan menjadi penampilan ke-36 mereka di Copa del Rey final. Dari 12 kekalahan di final, 4 adalah melawan FC Barcelona.

Jelang Final

FC BARCELONA

Kabar buruk menerpa Barcelona. Jelang final Copa del Rey, tim katalan lagi-lagi harus kehilangan satu bek andalan. Daniel Alves mengalami cedera dan dipastikan absen dalam laga akhir melawan Athletic Bilbao di Vicente Calderon, 25 Mei mendatang.

Dilansir situs resmi Barcelona, pemain berkebangsaan Brazil itu mengalami cedera tulang selangka saat mengikuti sesi latihan pada Rabu (17/5) waktu setempat. Saat itu pula, ia langsung dibawa ke Rumah Sakit Barcelona untuk menjalani operasi.

“Alves menjalani operasi sore ini, untuk menyembuhkan cedera retak tulang selangka saat menjalani sesi latihan pertama,” demikian pernyataan laman resmi klub Barcelona Rabu (16/5) waktu setempat. 

Pasca operasi yang dilakukan tim dokter RS. Barcelona, Richard Pruna dan Mutua itu, Alves dianjurkan untuk beristirahat selama enam sampai delapan pekan. Ini berarti Alves dipastikan absen dalam partai final Copa del Rey yang akan berlangusng hanya dalam hitungan jari. Keadaan ini tentu merugikan pasukan Azulgranas di lini belakang. Sebab, dua bek tangguh lainnya, Carles Puyol dan Eric Ebidal juga mengalami cedera parah. Kini tinggal Gerard Pique lah yang masih bertahan sebagai bek murni.

Kabar gembira tengah menghampiri Barcelona jelang final Copa del Rey kontra Athletic Bilbao di Vicente Calderon pada 25 Mei mendatang. Pasalnya, Alexis Sanchez telah pulih dari cedera dan berpeluang tampil bersama El Barca.

Seperti diketahui, Alexis harus masuk daftar pesakitan untuk beberapa pekan usai mendekap cedera di bagian pahanya. Cedera tersebut didapatnya saat Barca mengalahkan Rayo Vallecano dengan skor 7-0.

Kondisi tersebut membuat dirinya absen dalam beberapa laga terakhir Barcelona  pada musim ini, seperti kontra Malaga, Espanyol, dan Real Betis. Bahkan, dirinya sempat dikabarkan akan absen dalam laga final Copa del Rey tersebut.
Meski, Alexis diperkirakan akan diturunkan oleh pelatih Josep Guardiola dalam laga tersebut Barca tetap harus kehilangan dua pemain lainnya. Yah, pasukan Azulgrana dipastikan akan tampil tanpa Carles Puyol dan David Villa yang sedang terkena cedera.

Partai final nanti, sejatinya merupakan satu-satunya harapan Barcelona untuk mempersembahkan trofi kepada publik Katalan, sekaligus kepada Joseph Guardiola sebagai kado perpisahan lainnya. Sebab, Barca sudah gagal dalam Liga Champions dan La Liga.

Bilbao

Athletic Bilbao bak singa terluka kala melakoni final Copa Del Rey 25 Mei mendatang. Namun itu tak membuat Barcelona lengah dan tetap mewaspadai Bilbao yang dinilai bisa mengejutkan. Bilbao yang berhasrat merebut titel pertamanya di Liga Europa akhirnya harus mengubur impiannya kalah takluk 0-3 dari Atletico Madrid Kamis dinihari. Kekecewaan tentunya mengingat mereka tampil luar biasa dalam perjalanan menuju final, termasuk menyingkirkan Manchester United.

Kini peluang Bilbao tinggal satu untuk mengakhiri musim dengan tidak tangan hampa, yakni saat menghadapi Barca di final Copa Del Rey. Tapi dipastikan langkah mereka kali ini akan lebih sulit karena sang lawan bukanlah Atletico. Jika melawan Atletico, pasukan Marcelo Bielsa kerepotan. Bagaimana saat meladeni Los Cules? Meski faktanya Barca lebih superior dari Bilbao tapi pemain mudanya, Isaac Cuenca, yakin jika Bilbao tak akan menyerah begitu saja dan dinilai akan berusaha sekeras mungkin untuk menjuarai Piala Raja Spanyol demi menuntaska rasa kecewa mereka.

——————————————————————————————————————————————————-

Seperti tulisan saya di Blog sebelumnya FC Barcelona dan Copa Del Rey dikatakan bahwa final kali ini adalah pertemuan ke-7 bagi kedua tim sepanjang sejarah Copa Del Rey. Final terakhir antara FC Barcelona dan Athletic Bilbao adalah di musim 2008/09, ketika Barca mengalahkan Athletic 4-1. Pada final kali ini siapakah yang akan keluar menjadi pemenang ? Apakah Messi bisa mempersembahkan satu-satunya gelar untuk warga katalan di musim ini ? Apakah seorang Pep Guardiola telah benar-benar habis ?

Apalagi laga nanti adalah pertaruhan terakhir kedua tim agar tidak tidak hampa gelar di akhir musim ini. Seperti diketahui peluang Barca merebut trofi hanyalah di kompetisi ini setelah tersingkir di Liga Champions dan La Liga.

Sampai bertemu pada malam final Copa Del Rey…..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s