Tito Vilanova ?

Posted: 13 Mei 2012 in Barcelona

Profil Tito Vilanova Pengganti Guardiola

Secara resmi situs FC Barcelona sudah mengkonfirmasi, bahwa Tito Vilanova akan menjadi pelatih baru Barcelona, menggantikan Pep Pep Guardiola mulai musim depan. Adapun Guardiola sendiri masih tetap menjadi arsitek Barca, hingga final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao di Vincente Calderon, markas Valencia pada 25 Mei mendatang.

 

Siapa sebenarnya sosok Tito Vilanova pengganti Guardiola tersebut? Tito tidak lain adalah seorang asisten Pep Guardiola sendiri di Barcelona. Sementara alasan Barca memilih Tito sebagai arsitek adalah untuk kompetensi sepakbola Barca dengan cara yang tetap sama. Bagi Cule yang masih penasaran dengan sosok Tito Vilanova, maka berikut ini sedikit kisah tentang Tito.

Berikut adalah profil selengkapnya: Tito Vilanova atau yang bernama lengkap Francesc “Tito” Vilanova i Bayo ini lahir pada 17 September 1969, merupakan mantan pesepak bola yang bermain sebagai gelandang tengah. Saat ini Tito bekerja sebagai asisten manajer Barcelona, dimana selama menjabat karirnya di Barca, klub telah memenangkan 13 gelar. Selama karirnya sebagai pesepak bola profesional, Tito Vilanova memang tidak memiliki prestasi yang luar biasa. Hal itu terbukti selama masa karirnya tersebut dia cuma pernah bermain 26 kali bermain di Liga Utama Spanyol dan selebihnya bermain di Liga Divisi Satu dan Liga Divisi Dua.. Tito Vilanova sendiri sebelum menjadi asisten pelatih di Barcelona, pernah menjabat sebagai direktur teknis di Terrassa FC dan kemudian menjabat sebagai asisten pelatih tim cadangan klub Barcelona yang sering juga disebut FC Barcelona B yang bermain di liga Divisi Keempat Spanyol selama satu musim.

Pada musim berikutnya, setelah kepergian Frank Rijkaard, akhirnya menunjuk Pep Guardiola menjadi manajer tim utama, dan kemudian membawa Tito menjadi asisten manajer yang merupakan pasangannya sebelumnya saat melatih FC Barcelona B.

 Makin penasaran ? ayo kita melirik sedikit sejarah tentang Tito Vilanova..!!

Pep dan Tito telah lama bekerjasama “Guillem Balague – pengamat sepakbola”

Tito Vilanova dikenal sebagai sosok genius yang terampil nan cermat memainkan taktik dengan meracik aneka strategi di lapangan hijau. Vilanova ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Pep Guardiola untuk menangani Barcelona. Penunjukan Vilanova dianggap pilihan “logis” lantaran ia telah sukses mendampingi Guardiola, kata pengamat bola Guillem Balague sebagaimana dikutip dari situs SkySports.

Berikut kutipan tanggapan dari Guillem Balague

Vilanova yang kini berusia 42 tahun akan melatih Barca musim depan. Guardiola akan mundur dari Nou Camp di akhir musim kompetisi ini. Baik Guardiola maupun Vilanova sama-sama punya skema melatih pemain muda Barca. Keduanya telah menjalin kerjasama selama empat tahun. Ketika Guardiola ditunjuk sebagai pelatih tim Barcelona B pada 2007, Vilanova ditunjuk sebagai asisten pelatih. Bersama dengan Guardiola, Vilanova bahu membahu bekerja keras memenangi 13 trofi dalam empat tahun. Jika saja Barcelona mempertahankan filosofinya, pilihan logisnya bahwa Tito Vilanova akan menjadi pelatih baru. Mereka (Guardiola dan Vilanova) telah bertemu dan bekerjasama di La Masia, keduanya menganggap La Masia sebagai rumah. Mereka menghabiskan waktu dengan bermain bersama di Barcelona. Sejak itu, ketika Pep Guardiola menjadi manager Barcelona B, ia berpaling kepada Vilanova, sahabat lamanya. Ketika Guardiola bertanya, apakah dia (Vilanova) ingin bergabung dalam petualangan ini, Vilanova langsung menjawab ‘oke’. Pembawaannya tenang meski ia sosok genius yang hebat meracik strategi. Anda mungkin tidak sampai berpikir soal kepribadian Guardiola. Ia tidak akan menerima tugas menjadi manajer Barcelona bila ia tidak melihat ada sisi tantangannya,” katanya.

Selama jumpa pers di Nou Camp, Guardiola mengucapkan terima kasih kepada para pemain. Guardiola mengutarakan bahwa ia mengalami “kekeringan” setelah bekerja sebagai pelatih Barcelona selama empat tahun. Ia perlu istirahat dari gegap gempita sepak bola.

Guardiola tampak meneteskan air mata. Balague mengatakan, Guardiola tidak kuasa membendung perasaan hatinya. “Kami melihat dia menangis sebelum jumpa pers itu. Saya pikir bahwa ia terpukul,” kata Balague. “Anda dapat menyaksikan bagaimana Xavi juga terpukul. Anda juga melihat bagaimana presiden Barcelona (Sandro Rosell) terpukul, ketika ia menyerahkan mikrofon kepada Pep,” katanya juga. “Apapun yang telah kita katakan dalam beberapa hari ini, kenyataannya ia mengalami kelelahan. Jika ia punya kemungkinan meninggalkan jabatan karena mengalami banyak tekanan pekerjaan, maka dapat dipahami bahwa ia berpaling ke pekerjaan lain,” katanya.

“Ia paham bahwa ia akan kembali ke titik yang sama. Ia tahu bahwa terbentang sejumlah tantangan hidup. Ia akan merespons tantangan itu,” katanya. “Kenyataannya, ia menemukan dirinya ketika memenangi sejumlah laga. Ia mencintai profesinya karena saya paham benar bagaimana cara mengalahkan sebuah tim. Ketika anda dituntut memenangi seluruh laga setiap waktu, maka itu pekerjaan yang melelahkan,” katanya. “Hasilnya mengagumkan. Ketika menangani Barcelona, ia meraih kemenangan sebanyak 76 persen dari seluruh laga. Sebagai contoh, Rijkaard hanya mencapai 58 persen. Untuk meneruskan pekerjaannya, butuh energi ekstra,” kata Balague.

 

Tito hanya bermain untuk Barcelona B dan pernah dijual ke Celta Vigo

Karier Tito Vilanova sebagai pemain, bukanlah sesuatu yang bisa dibandingkan dengan Pep Guardiola. Ketika Pep menjadi tulang punggung The Dream Team Barcelona pada awal 1990-an, Tito malah tak mampu menembus persaingan ketat menuju tim senior Barcelona. Keputusan penting pun dibuat sang gelandang bertinggi 178 cm. Ia hijrah ke Figueres, klub yang saat itu berkutat di Segunda Division, selama dua musim sepanjang 1990-1992. Tito Vilanova sudah dipastikan sebagai pelatih Barcelona musim 2012/2013. Banyak yang kemudian melacak sejarah mantan pemain Barcelona B ini. Salah satu yang menarik, adalah ketika pemain bernama lengkap Francesc Vilanova i Bayo ini harus datang ke Camp Nou berseteru dengan Barcelona pada musim 1992/1993.

Bermain reguler untuk Figueres, tibalah kesempatan Tito untuk kembali ke Primera Division. Bukan bersama mantan klubnya, melainkan dengan Celta Vigo. Klub asal Vigo, Galicia, resmi mengontrak Vilanova sejak musim 1992/1993. Barangkali tidak akan ada yang memperhatikan pertandingan Barcelona vs Celta Vigo pada pekan 16 musim tersebut. Tanggal 3 Januari 1993, untuk pertama kalinya Tito kembali ke Camp Nou dalam pertandingan Primera Division. Duel Barcelona vs Celta Vigo tanggal tersebut, akan menjadi partai klasik jika ditengok dari kekinian. Barcelona menurunkan Andoni Zubizarreta, kiper yang kini menjadi direktur sepakbola klub Catalan. Ada pula Pep Guardiola yang kelak menjadi pelatih terbaik Barcelona sepanjang masa; setidaknya dihati dan pikiran Messi CS serta Barcelonistas di seluruh dunia.

Di Celta Vigo, seorang pemuda berusia 22 tahun sempat duduk di bangku cadangan. Namun, akhirnya Vilanova muda menapaki rumput Camp Nou ketika menggantikan Francisco Agirretxu di menit 58. Maka, terjadilah duel yang kini bisa disebut sebagai “duel para petinggi Barcelona”. Sayang, dalam pertandingan tersebut, Vilanova tak bisa berbuat banyak. Klubnya kalah 2-0 lewat gol-gol Miguel Angel Nadal (36′) dan Richard Witschge (43′).

Selang dua tahun, Vilanova kembali datang ke Camp Nou bersama Celta Vigo. Lagi-lagi ia turun sebagai pengganti. Dalam laga pekan 33 musim 1994/1995, Tito tampil menggantikan Juan Sanchez di menit 83. Keadaan membaik karena Celta berhasil menahan imbang El Barca, yang menurunkan banyak pemain cadangan, dengan skor 1-1. Sayang, kali ini ia tidak lagi berduel dengan Pep dan Zubizarreta yang tidak ada dalam daftar pemain yang diturunkan Johan Cruyff.

Kini, siapa yang menyangka, pemain yang 19 tahun lalu datang dari bangku cadangan Celta Vigo, menaklukkan Barcelona, klub yang tak pernah ditaklukkannya sebagai pemain. Ya, dialah Tito Vilanova, pelatih Barcelona musim depan..!!

 

Tito bahkan pernah bermain untuk klub kecil bersama Michael Emenalo (red-direktur tehnik Chelsea)

Michael Emenalo adalah direktur teknik Chelsea. Semua orang mengetahui hal tersebut. Tito Vilanova adalah pelatih Barcelona musim 2012/1013. Semua juga mengetahuinya. Yang unik, keduanya pernah bahu-membahu di sebuah klub gurem bernama Lleida, bersama seorang pemain yang kini menjadi agen Jordi Alba, pemain Valencia.

Siapa yang percaya bahwa seorang pemain yang gagal menembus tim senior Barcelona pada era awal 1990-an, kini tengah merancang takdir besar sebagai pelatih klub terbaik dunia ini mulai musim depan? Ya, Tito Vilanova, memang memiliki karier yang kontras ketika bermain dan melatih, layaknya Jose Mourinho.

Pemain bernama lengkap Francesc Vilanova i Bayo pindah ke Badajoz, Real Mallorca, kemudian Lleida pada musim 1997/1998. Ketika itu Lleida bermukim di Segunda Division. Di sanalah Tito bertemu dengan Michael Emenalo, yang kelak akan menjadi direktur teknik Chelsea.

Emenalo yang seorang bek, tercatat bermain 1830 menit sepanjang musim. Sementara, Tito berlaga sebanyak 1114 kali dan mencetak 3 gol. Namun, cerita tidak sampai di sana. Faktanya, Lleida saat itu dihuni oleh orang-orang yang kelak berperan besar di sepakbola Eropa dekade 2010-an. Setelah Tito dan Emenalo, ada pula beberapa pemain yang sekarang peruntungannya membaik. Sebutlah Raul Ojeda, kiper Lleida musim tersebut, yang sekarang menjadi direktur teknik SD Huesca, klub Segunda Division. Ada pula     Vicente Fernández Pujante (dahulu gelandang) yang sekarang menjadi pemandu bakat Chelsea khusus di wilayah Spanyol dan Portugal.

Yang tak kalah penting, di skuad Lleida musim 1997/1998 ada nama Jose Tarraga yang sekarang menjadi agen Jordi Alba, pemain Valencia yang digadang-gadang akan menjadi milik klub Barcelona musim depan. Satu yang unik, pemain bernama Marc Carballo yang kelahiran 1976 (36 tahun). Carballo saat ini masih aktif bermain untuk klub UE Tarrega yang bermain di liga regional Catalonia. Ya, siapa yang menyangka, sekumpulan pemain yang merumput di klub Segunda Division musim 1997/1998 sekarang berperanan penting di klub-klub lain; bahkan Tito, Emenalo, dan Jose Tarraga mendapatkan pencapaian yang baik daripada saat masih aktif merumput.

 

Alasan petinggi FC Barcelona mengangkat Tito sebagai pengganti Pep

Barcelona menunjuk asisten pelatih, Tito Vilanova, untuk menggantikan Pep Guardiola sebagai pelatih tim berjuluk “Blaugrana” itu pada musim mendatang. Hal ini disampaikan oleh klub setelah Pep Guardiola menyampaikan keputusannya untuk mengakhiri kontrak bersama Barca pada akhir musim ini dalam keterangan pers di Camp Nou, Jumat (27/4/2012). “Kami memilih Tito karena dia merepresentasikan ide dan citra (mengenai tim),” ungkap Direktur Olah raga, Andoni Zubizaretta, seperti dilansir oleh Reuters.

Penunjukkan Tito sudah dipertimbangkan masak-masak oleh klub. Menurut Zubizaretta, Vilanova pantas untuk menggantikan Pep. “Dia memiliki komitmen dan kepribadian,” tuturnya.

Pep mengumumkan keputusannya itu kepada publik dengan didampingi oleh Presiden Barcelona, Sandro Rosell, dan Direktur Olahraga, Andoni Zubizarreta, dan disiarkan secara langsung di Barca TV dan secara streaming melalui situs klub. Pelatih berusia 41 tahun itu menyampaikannya setelah kegagalan timnya untuk maju ke babak final Liga Champions dan menipisnya peluang Barca untuk meraih gelar La Liga musim ini.

 

Melihat sedikit kisah tentang Tito (karena memang tidak banyak yang bias diungkap tentang Tito). Sebagai Cule, timbul rasa khawatir tentang masa depan klub yang kita cintai bersama. Apakah petinggi klub sedang melakukan perjudian buat masa depan klub ?  Apakah melihat dari kesuksesan Mou sebagai pelatih yang notabene gagal ketika menjadi pemain ? Mengapa klub tidak mengangkat mereka yang juga pernah bermain untuk Barca dan sekarang telah menjadi pelatih  sukses ? sebut saja pelatih Ajax Amsterdam mungkin ?  Semoga pertanyaan diatas bias segera terjawab.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s