Hidup adalah petualangan

Posted: 2 Mei 2012 in just me

Hidup bukan untuk dipikirkan tetapi dijalani karen hidup bukan pilihan, melainkan kita lah yg memilih mau hidup seperti apa ?

 

Masalah

Masalah akan selalu hadir disetiap langkah dalam kehidupan, itu adalah sebuah bumbu dalam hidup. Tidak ada diantara kita yang bisa menghentikan masalah menghampiri, tidak ada diantara kita yang sanggup membendung masalah. Masalah akan terasa sulit diatasi jika dianggap sebagai beban tetapi akan sangat mudah jika dianggap sebagai tantangan, dengan begitu akan menimbulkan motivasi tuk terus melanjutkan hidup apapun yang terjadi. Masalah bukan untuk dihindari tetapi masalah harus bisa dipecahkan.

Datangnya sebuah Masalah pasti dibarengi dengan munculnya rintangan, Masalah dan Rintangan udah seperti saudara kembar hehe.. Selalu bersama, ga perduli dalam keadaan apapun. Rintangan pun sama, bukan untuk dihindari tetapi dihadapi karena percayalah di jauh didepan sana akan ada rintangan yang jauh lebih besar. Jikat terbiasa menghindari Masalah atau Rintangan, maka percayalah suatu saat langkah anda akan terhenti karena berhadapan dengan masalah yang sangat berat. Sebaliknya, jika terbiasa menghadapi serta memecahkan masalah. Maka, langkah anda akan terus dan terus berjalan tanpa henti walaupun akan menghadapi masalah yang lebih berat.

 

Everybody has talent

Betapa bersyukurnya kita telah dikaruniai segala kelebihan yang berbeda antara kita sesama, sehingga masing-masing dari kita, dapat saling melengkapi satu sama lainnya dalam mengarungi bahtera kehidupan.Namun tanpa sadar, terkadang kita ingin menjadi orang lain serta ingin memiliki kelebihan seperti orang tersebut. Kita terus berusaha untuk mendapatkan kelebihan itu, yang pada titik tertentu kita merasa kecewa serta menyalahkan diri sendiri atas ketidakmampuan kita dalam memperolehnya.

Saya pernah membaca sebuah tulisan dari George Lucas yang isinya: EVERYBODY HAS TALENT, IT’S JUST A MATTER OF MOVING AROUND UNTIL YOU’VE DISCOVERED WHAT IT IS. Secara implikasi dapat kita terjemahkan bahwa setiap kita memiliki sebuah bakat yang berbeda dari orang lain. Hanya saja kita belum mengetahui bakat tersebut. Mari kita temukan bakat tersebut dengan cara mengevaluasi diri kita serta mendengarkan pendapat orang yang dipercaya dalam memberi masukan kepada kita.

 

Kesuksesan sebuah proses

Jangan membuang waktu kita untuk membicarakan orang lain, yg akan menguras pikiran kita. Kalau kita bermaksud baik, kita bisa memberikan feedback secara langsung kepada mereka. Mari kita membicarakan ide yang bermanfaat bagi kita dan orang banyak.Putaran Waktu itu akan selalu menuntun pada Perubahan. Dimanapun itu kita harus menjadi pribadi yang siap dengan perubahan. Karena perubahan itu tidak ada yang sia sia.Hidup ini indah dimana dan bagaimana keadaannya. Karena Dia tidak pernah tidur. Jangan sia-siakan Sang Fajar untuk menunggu terbenamnya Matahari

Seseorang mengatakan “Aku akan merasa gagal” dan mereka benar-benar gagal. Kenapa demikian? hal itu dikarenakan karena mereka memakai logika emosi dan berfikir kalah sebelum bertanding sehingga mereka tidak termotivasi untuk melakukan sesuatu untuk mencapai sebuah tujuan. Dalam memulai sesuatu, kita harus menghilangkan logika emosi serta menggantikannya dengan sebuah motivasi dari dalam diri (Intrinsic Motivation). Logika emosi adalah salah menilai perasaan terhadap fakta yang ada. Orang-orang meyakini hal-hal negatif yg mereka rasakan adalah benar karena terasa benar bagi mereka.

Kita harus melalui beberapa tahapan untuk menuju sebuah kesuksesan, karena kesuksesan itu merupakan sebuah proses. Saya  pernah membaca tulisan Louis L’ Amour seorang penulis Amerika yang  menyebutkan “Kita meraih kesuksesan / kemenangan bukan dalam hitungan mil  tapi inci. Raih beberapa inci saat ini…, lalu bertahan, dan kemudian  raih beberapa inci lagi. Secara implikasi dapat disebutkan, jika  kita memulai sesuatu dengan cara bertahap dan berkesinambungan, nantinya  akan terakumulasi dalam sebuah hasil yang mengejutkan, yang tidak kita bayangkan sebelumnya.

Kesuksesan tidak dilihat dari seberapa banyak uang yang bisa kita hasilkan dari setiap pekerjaan yang kita lakukan, tetapi Kesuksesan dilihat dari seberapa banyak kawan baru yangkita dapatkan dan seberapa kuat kita menahan kawan lama dari setiap pekerjaan yang kita lakukan. Sesungguhnya manusia adalah mahluk sosial, sehingga tak ada manusia yang bisa hidup dan melakukan apapun tanpa bantuan dari manusia lainnya. Teruslah mencari kawan baru dan pertahankan sekuat tenaga kawan lama anda karena tanpa disadari baik kawan lama atau kawan baru sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan anda dalam bekerja.

Janganlah pernah merasa bahwa keberhasilan anda adalah milik anda sendiri, keberhasilan anda yang sekarang harus di akui adalah berkat bantuan dari kawan lama dan keberhasilan anda kedepan ditentukan oleh kawan baru anda.

 

Jangan pernah berhenti

Untuk mengatasi prasangka-prasangka yang ada di benak kita, kita harus selalu berusaha untuk mengembangkan kebiasaan untuk melihat diri kita dari sudut pandang orang lain. Terkadang kita sendiri tidak mengetahui diri kita, serta menganggap apa yang kita lakukan adalah baik menurut diri kita, namun belum tentu bagi orang lain. Tidak ada salahnya jika kita menanyakan kepada orang kita percayai untuk memberikan pandangan mereka terhadap diri kita pada saat ini, terutama hal-hal yang menyangkut perbaikan diri.

Adalah satu hal yang sering membuat energi kita terkuras, adalah timbulnya rasa ketersinggungan pada diri kita dari sikap orang lain disekitar kita. Ketersinggungan tersebut akan menjadi berlarut-larut yang terkadang merusak jiwa dan fisik kita serta melemahkan emosi kita Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengelola emosi kita sendiri untuk bersabar dan menganggap hal tersebut sebagai umpan balik untuk menciptakan sebuah momentum agar kita bisa lebih maju di masa yang akan datang. Selain hal tersebut, kita dapat menggunakan pendekatan spritual agar jiwa kita lebih tentram. Dengan sebuah kemenangan, kita akan mencapai sesuatu. Jika kita kehilangan, kita harus termotifasi untuk bekerja keras lagi untuk mendapatkannya. Namun jika kita berhenti, kita akan menghancurkan segalanya, termasuk orang lainnya yang menjadi tanggung jawab kita.

Janganlah berhenti, kita harus tetap optimis dalam meraih sebuah bintang kehidupan.

TETAP SEMANGAT & SELALU OPTIMIS..!!

Komentar
  1. Angel mengatakan:

    good … hmmm can’t comment about how you write but good though🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s